Saturday, March 17, 2012

Pengumuman hasil UKA diundur!


Peserta Ujian Kompetensi Awal (UKA) 2012 semakin deg degan. Kenapa? Karena pengumuman hasil UKA yang sedianya dapat dilihat lewat web hari ini, Minggu tanggal 18 Maret 2012 diundur sampai hari Kamis tanggal 22 Maret 2012. Menunggu kepastian memang sesuatu yang sangat tidak menyenangkan. Seperti perasaan seorang cowok yang menunggu kepastian apakah cintanya ditolak atau diterima sang gadis pujaan hati.
Penonton kecewa, ha…. Ha…. Ha….

Hasil googling yang tidak memuaskan. Karena dah terlanjur menyalakan computer, maka tanganpun terus bergerak menekan tuts keyboard, berselancar dari rumah maya satu ke rumah maya yang lain. Masih seputar UKA., karena targetnya pagi ini emang UKA.

Sampailah di web kemendiknas. Foto Pak M Nuh jelas terpampang di sana. Kelihatannya sedang menyampaikan pidato penting di depan para petinggi dunia pendidikan. Judulnya pun sangat menarik : “Pemetaan Dunia Pendidikan Melalui Pemetaan UKA 2012”

Matapun menelusuri kata demi kata, kalimat demi kalimat yang tertera di situ. Ups… Blitar mendapatkan nilai tertinggi hasil UKA yaitu 56,41. Alhamdulillah, berita bagus. Selanjutnya nilai tertinggi UKA  sebesar 90 dicapai oleh beberapa orang diantaranya seorang guru TK dari kabupaten Bogor dan guru SMA dari Kabupaten Magetan.

Yang menarik dari artikel yang diposting oleh web Kemendiknas pada tanggal 17 maret 2012 itu adalah ditemukannya fakta bahwa ada guru SMP yang berlatar belakang pendidikan S2 nilai UKA-nya 14. Tetapi secara umum guru SMP berlatar belakang pendidikan S2 nilai rata-rata UKA 51,3 dengan nilai tertinggi sebesar 82. Menurut Bapak Menteri kita, seharusnya pendidikan yang lebih tinggi mendapatkan nilai UKA yang lebih tinggi pula. Ah….

Untuk guru SMA. Guru SMA yang berlatar belakang S3, rata-rata nilai UKA 46,8 dengan nilai tertinggi 61. Capaian ini lebih rendah dari nilai UKA guru SMA yang berlatar belakang pendidikan S2, yaitu rata-ratanya 55,9 dengan nilai tertinggi 84,3. Lagi-lagi latar belakang pendidikan tidak berkorelasi positif terhadap kemampuan guru menyelesaikan soal UKA.  Ah….

Ingin baca informasi lengkapnya? Silahkan klik di sini 

 



No comments:

Post a Comment