Suatu ketika mungkin anda menyadari bahwa waktu yang anda butuhkn untuk melakukan kegiatan rumah atau pekerjaan sangat terbatas. Dua puluh empat jam terlalu singkat. Anda memerlukan tambahan waktu lagi dan itu sangat tidak mungkin. Pada pagi hari saat anda bangun tidur dan siap memulai hari yang sibuk, anda menyadari bahwa banyak pekerjaan yang harus diselesaikan hari ini. Anak-anak sulit dibangunkan, rumah dalam keadaan berantakan, seragam untuk hari ini belum diseterika, beberapa barang yang dibutuhkan ternyata tidak ada, air untuk mandi terlalu cepat mendidih sementara anak belum siap mandi dan lain sebagainya.
Waktu berlalu sangat cepat. Jarum jam berputar dan sulit dikendalikan. Anda merasakan semua itu dengan perasaan kecewa. Andapun mengeluh dalam hati, seandainya Tuhan memberi kita waktu lebih banyak, tentu semua
Kalau anda renungkan apa yang anda lakukan selama ini, sebetulnya anda tidak benar-benar kehabisan waktu. Anda hanya kurang terampil mengelola waktu anda dengan baik. Sekali waktu anda perlu merenung apa saja yang telah anda kerjakan. Bagaimana anda memanfaatkan waktu anda agar penggunaannya seefektif dan seefisien mungkin. Pada waktu-waktu tertentu pekerjaan menumpuk sementara di waktu-waktu lain anda tidak melakukan sesuatu kecuali hanya hal-hal yang sia-sia.
Dibawah ini adalah beberapa tip untuk memanage waktu anda agar anda tidak kehabisan waktu anda yang sangat berharga.
1. Miliki kesadaran tentang apa yang anda lakukan.
Anda sadari atau tidak, seringkali anda adalah robot hidup yang menyelesaikan tugas rutin dari hari ke hari. Anda bangun pagi kemudian memulai kegiatan seperti hari-hari yang lalu. Saking seringnya hal itu dilakukan, seolah-olah anda sudah hapal dan tidak perlu berpikir untuk mengerjakannya. Bila hal itu terjadi, anda tidak menggunakan strategi dalam bekerja, dan itu akan membuat waktu anda tidak efektif.
Kesadaran bahwa anda sedang menjalankan tugas penting hari ini harus anda miliki. Tugas ini harus selesai dengan hasil maksimal dan dalam target waktu yang anda tetapkan sendiri. Untuk itu alternatif apa yang anda pilih agar tujuan anda tercapai. Apakah anda harus mengerjakan satu pekerjaan lebih dulu dari pada pekerjan lain, apakah anda harus mengerjakan dua pekerjaan sekaligus atau yang lain. Mungkin anda perlu mengubah cara anda membangunkan anak-anak agar mereka cepat bangun. Mungkin anda perlu membuat tumis sayuran untuk menghemat waktu. Mungkin anda perlu menghidupkan dua kompor sekaligus untuk mempercepat tugas anda dan lain sebagainya. Kesadaran yang anda miliki akan membantu tugas anda karena anda bekerja sekaligus berpikir untuk memutuskan untuk mempersingkat pekerjaan anda.
2. Lakukan pekerjaan “sekali jalan”
Perhatikanlah pekerjaan anda. Anda akan menyadari bahwa anda telah membuka kulkas berulang-ulang. Pertama untuk mengambil sayuran, kedua mengambil kepala, ketiga mengambil bumbu dan seterusnya. Bukankah untuk itu anda bisa melakukannya sekali saja?
Dengan kesadaran yang anda miliki (point pertama) anda akan berpikir bagaimana agar anda melakukan pekerjaan sekali jalan. Ketika anda di kamar, coba pikirkan apa yang bisa anda kerjakan sehingga anda tidak perlu kembali ke
3. Ringkas pekerjaan yang bisa dilakukan sekaligus
4. Waspadai waktu yang anda gunakan
Anda perlu menghitung berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk satu jenis kegiatan. Hal ini anda perlukan agar anda tidak kehilangan waktu percuma. Berapa waktu yang diperlukan air mendidih, berapa waktu yang diperlukan untuk memarut kelapa, berapa waktu yang diperlukan untuk mengupas bawang dan lain sebagainya. Dengan mengetahui waktu-waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu kegiatan tersebut, anda bisa memperhitungkannya dan anda dapat menghemat waktu anda. Setiap saat anda harus menengok jam dinding yang terpasang di dinding dapur agar anda terpacu untuk bekerja lebih cepat.
No comments:
Post a Comment