Thursday, October 7, 2010

TEMBUS CPNS

Sekalipun gaji PNS relatif kecil (setidaknya begitu anggapan yang sampai saat ini berkembang), tetapi kenyataannya peminat rekrutmen CPNS dari tahun ke tahun selalu membludak. Hal itu terjadi untuk semua formasi. Kenyataan ini merupakan  indikasi bahwa menjadi pegawai negeri masih menjadi dambaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak peduli apa alasan mereka! 
Tahun ini tampaknya akan kembali digelar ajang rekruitmen CPNS baik pusat maupun daerah. Pemerintah daerah Kabupaten Blitar yang tahun lalu absen tahun inipun akan ikut ambil bagian. Informasi tentang itu dapat dilihat di sini

Menembus jaring-jaring CPNS tentu tidak mudah. Buktinya banyak peserta yang sudah mengikutinya berulang kali harus mengalami kegagalan. Sampai-sampai muncul anggapan adanya suap menyuap  dalam rekruitmen CPNS. Terlepas dari benar tidaknya anggapan itu, bagi yang ingin menembus seleksi CPNS sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik.
Ada tiga persiapan yang sebaiknya anda siapkan bila anda ingin menembus seleksi CPNS, diantaranya:
1.      Persiapan mental.
Persiapan mental ini meliputi persiapan diri mengingat pilihan ini adalah pilihan hidup. PNS adalah pilihan hidup. Sebagaimana kita tahu, setiap pilihan selalu menuntut konsekwensi. Demikian juga PNS. Ada aturan yang harus dipenuhi untuk ikut berlaga dalam ajang seleksi CPNS. Salah satu diantaranya formasi dan peluang. Ada kalanya kualifikasi anda tidak tersedia di daerah di mana anda tinggal tetapi di daerah lain yang jaraknya berpuluh-puluh kilometer bahkan ratusan kilometer. Bila memutuskan untuk mengikuti seleksi di daerah tersebut, anda harus siap menjalaninya bila ternyata anda lolos. Apakah anda siap? Bila ya, sekaranglah saatnya berburu informasi di daerah mana formasi untuk kualifikasi anda tersedia.
2.      Persiapan fisik.
Belajar!!!. Aktifitas ini sangat penting. Saat seleksi nanti, anda akan menghadapi soal-soal yang cukup rumit. Berdasarkan pengalaman beberapa tahun terakhir, soal-soal yang harus diselesaikan oleh peserta rekrutmen CPNS meliputi soal-soal tes potensi akademik/ bakat skolastik, pengetahuan umum dan tes bidang kompetensi. Ada perbedaan persepsi antara daerah satu dengan daerah lain untuk tes bidang kompetensi. Sebagai contoh antara pemerintah kota dan pemerintah kabupaten blitar berbeda untuk tes bidang kompetensi bagi peserta tes formasi pendidikan. Untuk itu penting bagi calon peserta tes meng-update informasi dan mempersiapkan diri dengan baik. Saat ini soal-soal CPNS dapat diperoleh dengan mudah baik dengan cara membeli atau gratis, baik secara online maupun secara ofline.
3.      Strategi
Yang dimaksud dengan strategi di sini adalah kemampuan diri untuk membaca peluang. Bisa jadi formasi untuk kualifikasi anda ada di daerah X dan didaerah Y. Anda harus memilih salah satu bukan. Kemampuan anda untuk memprediksi di daerah mana peluang untuk anda lebih besar. Salah seorang teman punya tip. Menurutnya, pilihlah yang peluangnya kecil. Kenapa? Hal itu karena asumsi kita semua orang berpikir untuk menghindari yang peluangnya kecil. So yang semula peluang kecil bisa menjadi besar karena berkurang peminatnya. Anda setuju dengan tip teman saya itu? Silahkan, karena teman saya itupun berhasil menjadi PNS dengan tipnya yang kontoversial itu.
Bila anda sudah melakukan semua persiapan baik mental, fisik maupun strategi maka sekaranglah saatnya anda maju perang. Pompa semangat anda untuk menghadapi perjuangan ini.
Selamat berjuang!!

1 comment:

  1. semua pekerjaan apakah itu PNS, Swasta atau wiraswasta adalah baik, asal dimulai dan dilakukan dengan kejujuran serta keikhlasan

    ReplyDelete